Minggu, 21 November 2010

TOPIK II : SUB BAHASAN : ALIRAN-ALIRAN UTAMA DALAM AKSIOLOGI

ETIKA DEONTOLOGIS

Teori ini merupakan cabang ilmu filsafat yang mengatur tentang moralitas. Menurut penganut teori ini, ontology adalah etika (disiplin otonom) filsafat yang utama, karena tentang nilai yang bersifat subjektif dimana ukuran baik-buruk diukur langsung dari tindakan fisik, Jadi disini yang menentukan adalah masing-masing individu.. Kant menjelaskan bahwa moralitas memerlukan keadilan, yang hanya dapat ditetapkan oleh Tuhan. Sehingga nilai moral hanya memiliki eksistensi selama manusia bertindak atas dasar rasa kewajiban = Imperatif Kategoris (lawan dari imperatif hipotesis) KEWAJIBAN MORAL , KEHARUSAN.
a. DEONTOLOGIS TINDAKAN
Adalah suatu kewajiban untuk dilakukan, tidak bersifat adaptif, karena keadaan selalu berbeda-beda sehingga harus ada aturan yang berlaku pada segala keadaan. IMMORTAL
b. DEONTOLOGIS ATURAN
Adalah suatu tindakan dianggap benar atau salah sangat tergantung pada aturan positif yang berlaku, sehingga tidak ada aturan yang dapat berlaku untuk semua keadaan namun lebih dapat beradaptasi dan berubah dibandingkan dengan deontologis tindakan.

ETIKA TELEOLOGIS
Suatu tindakan baik-buruk dinilai dari akibat dari suatu tindakan tersebut (Bentham-Utilitarianism) Karena manusia mau berbuat atas pamrih tertentu IMPERATIF HIPOTESIS.

ETIKA SITUASI
Suatu tindakan baik-buruk dinilai dari situasi yang terjadi pada saat melakukan perbuatan tersebut. Tidak ada ukuran yang pasti, tidak ada kewajiban secara mutlak yang menyebabkan otoritas masyarakat, sehingga lebih condong kepada etika fenomenologis.

REFLEKSI
Tanggapan kami terhadap rangkuman di atas adalah bahwa Aksiologi terbagi kedalam tiga macam diantarnya adalah :
• Etika Deontologis
• Etika Teleologis
• Etika Situasi
Dimana masing-masing mempunyai ke khasan dan ciri-ciri yang berbeda satu sama lainnya.

DISKUSI
Etika yang manakah yang lebih cocok dengan situasi dan keadaan yang selalu berkemabang seperti saat in?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar